Info Politik · February 24, 2021

5 Cara Jitu Untuk Terjun ke Dunia Politik

Berita Terbaru Politik – Mengabdi pada bangsa bisa dilakukan dengan menekuni profesi apapun. Akan tetapi, salah satu profesi yang sangat dekat dengan kepedulian pada negara yaitu dengan menjadi politisi. Politisi memang menjadi elemen penting bagi negara karena aktif menentukan kemana bangsa ini akan dibawa. Politisi yang aktif di parlemen akan membuat undang-undang yang membawa kebaikan bagi bangsa, sedangkan politisi yang berhasil masuk birokrasi akan menjalankan pemerintahan. Di sisi lain, politisi yang gagal di parlemen atau birokrasi akan secara aktif menjalankan fungsinya sebagai alat kontrol. Jika anda berniatan untuk terjun ke dunia politik perhatikan 5 tips berikut ini.

5 Cara Jitu Untuk Terjun ke Dunia Politik

  1. Bergabung dengan partai politik

Salah satu cara yang dianggap instan tetapi sering berhasil adalah dengan bergabung dengan partai politik tertentu kemudian bekerja di sana. Cara ini banyak digunakan orang sebelum akhirnya menjabat di DPR-RI atau bahkan mundur sebagai menteri dan penasihat presiden. Indonesia memiliki banyak partai politik dengan berbagai aliran seusai dengan visi dan misi mereka sendiri.

Anda dapat memilih pihak mana yang sesuai dengan hati nurani Anda di bidang ini. Jika Anda baru menjadi aktivis atau anggota partai, tidak ada persyaratan pendidikan khusus. Namun jika Anda menginginkan karir yang serius, mungkin ingin menjadi anggota dewan atau presiden, maka setidaknya Anda harus memiliki gelar sarjana.

  1. Berpartisipasi dalam Pendidikan Politik Formal

Pastinya dengan mempelajari ilmu politik fakultas ilmu sosial atau ilmu politik akan sangat membantu. Dalam fakultas tersebut anda dapat menemukan teman yang mempunyai tujuan sama. Walaupun di Indonesia untuk meniti karir sebagai politikus tidak membutuhkan lulusan ilmu politik, bekal yang bisa didapatkan dengan belajar politik secara formal dapat membantu Anda. Apalagi dengan memperkuat jaringan Anda dengan alumni kampus sukses melalui media sosial yang bisa Anda manfaatkan.

  1. Jalur Organisasi

Jika ingin menjadi politisi, tidak ada salahnya bergabung dengan organisasi politik yang ada. Banyak politisi sukses Indonesia melejit setelah menjabat atau aktif di organisasi. Misalnya, presiden keempat Indonesia, Megawati Soekarno Putri yang aktif di GMNI dan mantan Ketua Umum Partai Demokrat. Lalu ada Anas Urbaningrum yang pernah menjadi ketua umum HMI nasional.

  1. Aktif di Media

Akademisi dan pakar biasanya mampu merambah dunia politik karena aktif di media memberikan banyak opini dan opini terkait isu-isu tertentu, baik itu ekonomi, politik, keamanan dan kesejahteraan. Pemikiran mereka menjadi inspirasi bagi pemerintah dalam menjalankan suatu kebijakan, dan akhirnya beberapa parpol mengundang mereka untuk bergabung.

Hal ini karena dianggap potensial, atau diangkat menjadi menteri atau penasehat di bidang tertentu oleh eksekutif. Misalnya Sri Mulyani. Dia sebelumnya adalah seorang akademisi dan dosen. Media kerap mengutip pendapat Sri Mulyani tentang kondisi ekonomi sehingga pada akhirnya menjadi cukup tenar dan berjaya sebagai menteri keuangan di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

  1. Menjadi Artis Sebelum Berpolitik

Bukan rahasia lagi bahwa banyak seniman kini duduk di parlemen sebagai anggota dewan. Mereka memasuki jalur politik setelah sukses berkarir di bidang hiburan, misalnya Anang Hermansyah, Rachel Maryam, Rieke Diah Pitaloka, dan lainnya. Parpol biasanya mengharapkan artis-artis terkenal bergabung dengan partai tersebut karena mereka bisa memperoleh banyak suara dari konstituen. Mengundang artis untuk bergabung juga merupakan strategi parpol yang kebetulan kurang mendapat dukungan.